Minggu, 10 September 2017

Batik Lorok


Batik Lorok Tahun 2000

Batik Lorok Pacitan di era 2000-an mulai menampakkan eksistensinya, pengrajin muda mulai bermunculan. Batik-batik yang bernuansa alami dengan detail yang halus sudah mulai bermunculan. Pembatik dan pendesain batik berusaha keras untuk menyamakan mutu dan kualitas batik Lorok dengan batik dari daerah lain. 
Batik Lorok Tahun 2000

Batik Lorok Pacitan di era tahun 2010 sudah mulai menampakkan keindahan. Ada dua jenis batik yang dibuat yaitu batik pewarna alam dan batik klasik modern. Batik klasik modern dibuat seperti layaknya batik Lorok tempo dulu, yaitu dengan cara pewarnaan menggunakan wedel (nilo) lalu dilorod, dibatik lagi, disoga lalu dilorod lagi. Sentuhan modernnya berupa coletan warna merah (rapid) dan pemberian warna kuning (sol) pada bagian obyek tertentu. Desain batik juga dibuat lebih kontemporer mengikuti perkembangan jaman, namun tidak meninggalkan ciri khas batik lorok yang berupa motif flora dan fauna yang berada di lingkungan daerah Lorok Pacitan.
Batik Lorok Tahun 2010
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Batik Lorok

Batik Lorok Pacitan di era 2000-an mulai menampakkan eksistensinya, pengrajin muda mulai bermunculan. Batik-batik yang bernuansa alam...

Cari Blog Ini

Blog Archive


Labels