Sabtu, 09 September 2017

Baritan




baritan


Kecamatan Kebonagung di Pacitan memiliki kebudayaan khas yang bernama Baritan. Baritan merupakan upacara adat untuk memohon keselamatan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Upacara tersebut dianggap mampu menolak berbagai penyakit yang datang ke masyarakat.
Selain tradisi Baritan, Kecamatan Kebonagung juga memiliki tradisi bernama Eretan. Eretan merupakan sebuah ritual adat yang dilakukan oleh 10 orang pria. 10 orang pria tersebut bersama-sama menyebarkan jaring di pesisir pantai untuk mencari ikan. Sebelum pria-pria tersebut menyebar jaring, terlebih dahulu mereka di berikan doa oleh kyai di daerah tersebut. Setelah ikan didapat, para pria tersebut bersama-sama menarik jaring. Ikan yag didapat bersama-sama tersebut kemudian dibagi sesuai dengan peran masing-masing ketika menangkap ikan. Acara terakhir setelah ikan dibagikan, para pria tersebut bersama warga yang lain akan bersama-sama memakan hidangan nasi bersama ingkung (ayam utuh yang dimasak) yang telah disiapkan sebelum upacara eretan dilangsungkan. Tradisi eretan ini merupakan simbol kegotongroyongan dari warga Kebonagung.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Batik Lorok

Batik Lorok Pacitan di era 2000-an mulai menampakkan eksistensinya, pengrajin muda mulai bermunculan. Batik-batik yang bernuansa alam...

Cari Blog Ini

Blog Archive


Labels